Peluncuran Edisi ke-6 The Tobacco Atlas di The 17th WCTOH

Kami hadir dalam The 17th World Conference on Tobacco OR Health (WCTOH) di Cape Town, 7-9 Maret 2018 dengan tema ‘Uniting the World for a Tobacco-Free Generation’

 

Peluncuran Edisi ke-6 The Tobacco Atlas di The 17th WCTOH

 

Kami juga turut memeriahkan peluncuran edisi ke-6 The Tobacco Atlas. Berikut kami lampirkan tweet-tweet dari @NoTC_ID saat peluncuran atlas tersebut.

Keuntungan industri rokok melonjak menjadi US $62 Miliar, sedangkan 6,4 – 7 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya.

Pengendalian tembakau terbukti dapat mengurangi konsumsi rokok. Sudah lebih dari 180 negara menjadi anggota perjanjian internasional Framework Convention on Tobacco Control (FCTC). Indonesia?

Prevalensi perokok remaja dan perempuan semakin meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan ancaman bagi pembangunan sebuah bangsa. Pemerintah dapat mencegahnya.

Kematian terkait konsumsi tembakau di Indonesia sudah melampaui 225.000 orang per tahun dan kerugian ekonominya hampir mencapai Rp640 triliun per tahun.

Di tahun 2015, Lebih dari 76.2% laki-laki dewasa dan 3.51% remaja merokok di Indonesia.

Di Indonesia, lebih dari 25% laki-laki dewasa meninggal karena rokok.

Lebih dari 3.6% (3.9 juta) wanita dewasa dan 0.39% remaja perempuan merokok di Indonesia. Hal ini merupakan ancaman yang mengerikan bagi kesehatan masyarakat di Indonesia.

Rokok membunuh 967 wanita/minggu di Indonesia. Di Tahun 2016, 7,02% wanita meninggal karena rokok.

Di tahun 2016, ada sebanyak 342 Miliar batang rokok diproduksi oleh industri rokok di Indonesia.

Menurunkan angka konsumsi perokok akan membuat angka kematian dini yang diakibatkan oleh rokok menurun.

Menaikkan cukai rokok adalah salah satu cara yang paling efektif dalam menurunkan prevalensi perokok.

Membiarkan rokok terus dijual bebas di Indonesia dengan harga murah dan membiarkan iklan yang bebas di media TV, koran, billboard, dan lain-lain akan membuat beban ekonomi negara semakin meningkat.

Beberapa daerah di Indonesia sudah menerapkan peraturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Kawasan Tanpa Rokok dapat melindungi warga agar tidak menjadi perokok pasif.

Layanan Upaya Berhenti Merokok (UBM) milik Kementerian Kesehatan dapat menjadi salah satu cara membantu setiap perokok untuk berhenti merokok. Layanan ini bisa diakses di nomor 0800-177-6565 secara GRATIS.

Upaya lobi dan litigasi yang dilakukan oleh industri rokok dapat melemahkan upaya pemerintah dalam melindungi setiap warga negara dari bahaya rokok.

 

Tobacco Atlas

 

Pelajari lebih lanjut dari edisi ke-6 Tobacco Atlas. Unduh di tobaccoatlas.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *