Sidak KTR Kota Bogor 16 – 17 Juli 2018

Senin, 16 Juli 2018 No Tobacco Community mendampingi Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kota Bogor melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) dalam hal implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Pada hari itu kami mengunjungi beberapa kantor pemerintahan dan sekolah di Bogor Utara dan Bogor Timur.

 

Sidak KTR Kota Bogor 16 - 17 Juli 2018 01

 

Alhamdulillah, beberapa tempat sudah melaksanakan KTR dengan baik. Selain terdapat tanda KTR dengan jelas dan tidak adanya yang merokok, juga tidak tercium bau asap rokok dan tidak ditemukan puntung rokok.

Salah satunya yang sukses mengimplementasikan KTR adalah Dinas Pendidikan. “Kami tidak segan untuk menghimbau/menegur jika ada pengunjung yang merokok di area KTR,” ujar salah satu petugas.

 

Sidak KTR Kota Bogor 16 - 17 Juli 2018 02

 

Namun di beberapa tempat lainnya, tim masih mendapati ada beberapa pelanggaran. Pelanggaran tersebut seperti ditemukannya sampah puntung rokok, didapatinya pengunjung yang merokok dan ditemukannya asbak.

Selasa, 17 Juli 2018 No Tobacco Community mendampingi Tim Satgas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) melakukan sidak ke beberapa hotel di Kota Bogor. Alhamdulillah, hotel-hotel ini juga sudah memiliki satgas KTR internal masing-masing.

 

Sidak KTR Kota Bogor 16 - 17 Juli 2018 04

 

Secara umum hotel-hotel sudah memisahkan antara smoking room dan non-smoking room. “Bahkan Zest Hotel menargetkan di akhir tahun 2018 tidak lagi memiliki smoking room,” ujar Balqis dari No Tobacco Community.

Hotel-hotel ini menerapkan denda bagi pengunjung yang merokok di non-smoking room. Denda bervariasi antara 500.000 hingga 2.000.000 rupiah.

 

Sidak KTR Kota Bogor 16 - 17 Juli 2018 05

 

Area Kawasan Tanpa Rokoknya pun sangat luas, tidak hanya di dalam gedung tapi juga mencapai area publik seperti kolam renang. Beberapa hotel tetap menyediakan smoking area di sudut-sudut yang tidak mengganggu area publik.

Keren, ya! Semoga tempat-tempat umum lainnya di Kota Bogor dan kabupaten/kota lainnya semakin tegas dalam menerapkan Kawasan Tanpa Rokok dan masyarakat Indonesia bisa semakin sehat terlindungi.

Kami pun mengajak seluruh elemen masyarakat, pimpinan lembaga, pengelola kawasan; untuk sama-sama sukseskan implementasi KTR. Semoga tidak ditemukan lagi pelanggaran-pelanggaran KTR di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *