Satgas KTR Kota Bogor Laksanakan Sidak di Bogor Barat

Tim Satuan Petugas Kawasan Tanpa Rokok (Satgas KTR) memasuki restoran. Melihat sekeliling, mereka mendapati masih terdapat asbak di meja makan. Tak segan, tim mengamankan asbak dan menuliskannya dalam Berita Acara Pemeriksaan serta memasang tanda Kawasan Tanpa Rokok di sana.

 

Satgas KTR Kota Bogor Laksanakan Sidak di Bogor Barat 01

 

Begitulah gambaran kegiatan Sidak KTR yang dilakukan oleh Satgas KTR Kota Bogor. Rabu dan Kamis, 3-4 April 2018, kami mengikuti kegiatan tersebut. Berkeliling ke berbagai lokasi di wilayah Kecamatan Bogor Barat.

Kegiatan Sidak KTR rutin dilakukan sejak Kota Bogor memiliki Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok yang kemudian dipandu oleh Peraturan Walikota Nomor 7 Tahun 2010. Tim Satgas KTR tersebut, terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan dan SKPD lainnya yang terkait.

 

Satgas KTR Kota Bogor Laksanakan Sidak di Bogor Barat 02

 

Kawasan Tanpa Rokok adalah tempat atau ruangan yang dinyatakan dilarang untuk merokok, memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan rokok. Di Kota Bogor, ada 7 kawasan yang diliputi oleh KTR, yaitu tempat umum, tempat kerja, tempat ibadah, tempat bermain dan/atau berkumpulnya anak-anak, kendaraan angkutan umum, lingkungan tempat proses belajar mengajar, sarana kesehatan dan sarana olahraga.

Ramadhani, yang mewakili kami mengikuti Sidak KTR, memberi beberapa catatan terkait pelaksanaan KTR di Kota Bogor. “Tadi kita sidak ke beberapa sarana kesehatan. Alhamdulillah untuk di dalam ruangan sudah bersih, namun di area luar ruangan masih ditemukan adanya puntung rokok.”

 

Satgas KTR Kota Bogor Laksanakan Sidak di Bogor Barat 04

 

Selain itu, tim juga masih menemukan kendala dalam pelaksanaan aturan pelarangan pemajangan produk rokok di beberapa retail modern. “Biasanya mereka masih membuka tirai penutup pajangan produk rokok dengan alasan sedang melakukan stock opname,” ujar Ramadhani.

Atas hal itu, Ramadhani berpendapat bahwa kepatuhan KTR bisa lebih ditingkatkan dengan pencantuman tanda KTR. “Setiap lembaga terkait harus memperbanyak tanda larangan merokok di kawasannya.”

 

Satgas KTR Kota Bogor Laksanakan Sidak di Bogor Barat 03

 

Beberapa hal yang menjadi indikator pelanggaran di area KTR ialah: 1) terdapat orang yang merokok, 2) terdapat ruang khusus merokok, 3) terdapat tanda dilarang merokok pada setiap pintu gedung, 4) tercium asap rokok, 5) ditemukan asbak atau pemantik/korek, 6) ditemukan puntung rokok, 7) ditemukan sesuatu yang mengindikasikan sponsor, promosi, dan iklan merek rokok atau industri rokok, 8) ditemukan penjualan rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *