Profil LSM No Tobacco Community

No Tobacco Community adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang melakukan kegiatan di bidang kesehatan yang berupaya menanggulangi masalah tembakau, lebih khususnya adalah masalah merokok.

LSM No Tobacco Community merupakan lembaga non-pemerintah yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip non-partisan, non-profit dan non-diskriminatif. Kami bersifat bebas/independen serta tidak berafiliasi pada salah satu partai politik manapun yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

Berdiri sejak 19 Desember 2008, LSM No Tobacco Community selalu berupaya untuk terwujudnya masyarakat terbuka yang sadar akan hak-haknya, membela hak-hak masyarakat untuk terbebas dari rokok, karena di dalam rokok terkandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia, dan juga upaya untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya rokok dan dampaknya bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.

Dalam melaksanakan kegiatannya, LSM No Tobacco Community selalu berkaitan dengan masyarakat. Seperti melakukan upaya promotif dan preventif, melalui advokasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), pendidikan dan pelatihan, kegiatan ilmiah, penelitian, seminar, lokakarya, workshop, diskusi dan pameran, Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS).

LSM No Tobacco Community juga mengembangkan mitra usaha bersama masyarakat, pemerintah, badan usaha, kalangan swasta, LSM/perkumpulan non-pemerintah dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Pada awalnya, langkah taktis pendirian dan pengembangan LSM No Tobacco Community merupakan wujud kepedulian dalam ikut ambil bagian untuk mewujudkan Bogor Smoke Free City. Salah satu inisiasi untuk mengakselerasi grand narrative tersebut; diderivasikan ke dalam agenda kegiatan, seperti penelitian dengan metoda survey ke masyarakat, pembukaan jejaring melalui studium general, dan pertemuan intensif dengan berbagai komunitas pemuda, lintas agama, profesional, kalangan akademisi, dan lain-lain.

Saat ini LSM No Tobacco Community dipimpin oleh Chief Officer Bambang Priyono, SEI, Finance Officer Wihardini, SE, Program Officer Ramadhani Nuryunawati, S.Pdi, Monitoring and Evaluation Officer Balqis Hafidhah, SKM, dan Social Media Officer Bagja Nugraha, S.Hum.

Perjuangan ini tidak akan selesai. Kami selalu membutuhkan support dan kerjasama baik dari elemen masyarakat maupun instansi/organisasi. Kita akan selalu berjuang untuk implementasi Kawasan Tanpa Rokok dan pelarangan iklan, promosi dan sponsor rokok.

Kita juga dapat berjejaring melalui media sosial resmi kami di Facebook, Twitter, Instagram dan LINE Official Account.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *