Pencanangan Satgas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kabupaten Indramayu

Saat ini Pemerintah Kabupaten Indramayu sudah memiliki Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Guna meningkatkan implementasi KTR tersebut, Pemerintah Kabuaten Indramayu mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksana Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Adanya Peraturan Bupati adalah sebagai petunjuk teknis dalam implementasi Kawasan Tanpa Rokok. Ke depan, diharapkan seluruh warga bisa mematuhi aturan Kawasan Tanpa Rokok ini.

Pencanangan Satgas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kabupaten Indramayu 04


Aturan Kawasan Tanpa Rokok ini tidaklah melarang orang merokok, melainkan lebih kepada menegakkan etika agar orang tidak merokok sembarangan sehingga asapnya mengganggu orang lain yang tidak merokok. Merokok dan tidak merokok adalah pilihan, ingin hidup sehat atau tidak. Jika pilihannya ingin hidup sehat, maka tidak merokok.

Aturan Kawasan Tanpa Rokok juga dibuat untuk melindungi hak perokok dan juga hak yang bukan perokok. Untuk para perokok dilindungi haknya dengan masih dibolehkannya merokok dengan catatan tidak merokok di area KTR yang sudah diatur pada Perda KTR. Yang bukan perokok juga dilindungi haknya untuk tidak menghirup asap rokok orang lain.

Pencanangan Satgas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kabupaten Indramayu 05


Jika tidak ada aturan Kawasan Tanpa Rokok, maka orang akan merokok sembarangan sehingga asapnya akan terhirup oleh orang yang bukan perokok dan dirasa mengganggu orang yang tidak merokok. Selain itu, zat yang terkandung dalam asap rokok adalah zat adiktif serta berbahaya bagi kesehatan yang akan mengakibatkan kecanduan dan berbagai penyakit serius. Jika asap rokok dihirup oleh siapapun akan terkena risiko penyakit berbahaya.

Agar aturan KTR dapat diimplementasikan secara komprehensif, perlu dibentuk Tim Pembina dan SATGAS KTR di seluruh kawasan, sehingga Perda KTR ini akan berjalan dengan baik dan terkontrol. SATGAS KTR ini penting untuk mengontrol dan menegur orang jika melanggar Perda KTR.

Pencanangan Satgas Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kabupaten Indramayu 06


Peran media massa juga sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang KTR ini sehingga masyarakat peduli terhadap aturan KTR demi melindungi dan meningkatkan kualitas kesehatan warganya serta generasi muda sebagai penerus bangsa.

Indramayu, 29 Januari 2019
Bambang Priyono, Ketua No Tobacco Community (NOTC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *