Pemkab Indramayu Komitmen Implementasi Perda KTR

Selasa, 5 Juni 2018, No Tobacco Community memfasilitasi pertemuan antara seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kabupaten indramayu untuk mendeklarasikan komitmen mendukung implementasi Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Hadir pula dalam pertemuan itu unsur perguruan tinggi dan organisasi kemasyarakatan.

 

Pemkab Indramayu Komitmen Implementasi Perda KTR 1

 

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Indramayu Supendi, menyampaikan sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan. Beliau menyatakan bahwa agenda ini sangat penting karena menurut Kementerian Kesehatan pada 2017, 80% Penyakit Tidak Menular disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, salah satunya kebiasaan buruk mengonsumsi rokok dan alkohol.

Wakil Bupati Indramayu menyampaikan apresiasi kepada semua komponen yang telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan faktor resikonya, termasuk dalam pencegahan dan pengendalian akibat bahaya merokok.

 

Pemkab Indramayu Komitmen Implementasi Perda KTR

 

Dalam Perda KTR, Indramayu sebenarnya sudah menetapkan larangan iklan rokok. Namun implementasinya belum sesuai dengan perda. Maka dalam pertemuan tersebut Wakil Bupati Indramayu mengajak seluruh SKPD, unsur Perguruan Tinggi dan Organisasi Kemasyarakatan untuk bersama-sama komitmen dalam implementasi Perda KTR.

Pada agenda yang diselenggarakan di Pendopo Kantor Bupati Indramayu ini, disampaikan pula upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Forum Kabupaten Indramayu Sehat, yang diwakili oleh Dr. H. Suwardi Asrtadipura, MARS., dalam implementasi Perda KTR. Salah satunya adalah terbentuknya Aliansi Indramayu Sehat Tanpa Rokok.

Direktur Eksekutif No Tobacco Community Bambang Priyono dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan Best Practice Implementasi Perda KTR di Kota Bogor sebagai rujukan bagi pemerintah Kabupaten Indramayu. Bambang juga menyampaikan kesuksesan Kota Bogor dalam melarang iklan, promosi dan sponsor rokok.

 

Pemkab Indramayu Komitmen Implementasi Perda KTR

 

Agenda diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan komitmen seluruh SKPD, Perguruan Tinggi dan Organisasi Kemasyarakatan untuk implementasi Perda KTR dan mendukung pelarangan total iklan, promosi dan sponsor rokok di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *