Siaran Pers Pembinaan dan Pengawasan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok

Dalam rangka implementasi Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan pengawasan dan pembinaan kepada ritel-ritel modern di Kota Depok. Pengawasan dan pembinaan ini juga dimaksudkan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Walikota Depok Nomor 300/357-SatPol PP tentang Larangan Displai Penjualan Rokok, Mengiklankan dan Mempromosikan Rokok. Surat edaran tersebut sudah didistribusikan sejak 25 September 2018 ke seluruh ritel modern yang merupakan tempat penjualan rokok.

 

Siaran Pers Pembinaan dan Pengawasan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok1

 

Pengawasan dan pembinaan ini dilakukan dengan mendatangi ritel-ritel modern di 11 kecamatan di Kota Depok. Ketika masih ditemukan pelanggaran berupa iklan, promosi atau pemajangan (displai) produk rokok, maka tempat-tempat tersebut diberikan Berita Acara agar segera mematuhi Surat Edaran Walikota Depok, dan akan dikunjungi lagi di kemudian hari. Jika masih ditemukan pelanggaran setelahnya, ritel-ritel tersebut akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan Perda KTR.

 

Siaran Pers Pembinaan dan Pengawasan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok02

 

No Tobacco Community sangat mengapresiasi langkah serius pemerintah Kota Depok dalam melakukan pembinaan dan pengawasan ini. Kami terus mendukung upaya-upaya senada yang diharapkan dapat membantu pengendalian tembakau di daerah.

“Kegiatan ini harus terus dilakukan secara berkala agar seluruh pelaku usaha bisa memahami dan melaksanakan aturan ini demi kebaikan bersama. Selain itu, sanksi yang tegas juga diperlukan agar pelaku usaha bisa mengimplementasikan aturan ini di tempat usahanya,” ujar Ketua No Tobacco Community, Bambang Priyono.

 

Siaran Pers Pembinaan dan Pengawasan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok03

 

Langkah awal implementasi aturan ini yang diterapkan ke ritel modern perlu ditingkatkan pembinaan, pengawasan dan penegakannya karena aturan ini berlaku untuk seluruh kalangan. Maka, No Tobacco Community juga berharap agar implementasi aturan ini dapat menjangkau ritel-ritel tradisional yang jumlahnya ditaksir jauh melebihi ritel modern.

Dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan pada Selasa – Rabu, 23 – 24 Oktober 2018 ini, Satpol PP mengerahkan 55 anggotanya yang disebar ke seluruh kecamatan di Kota Depok. Selain itu, anggota Satpol PP juga ditemani oleh Dinas Kesehatan, petugas Kecamatan, dan anggota No Tobacco Community.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *