Siaran Pers Pelarangan Displai / Pemajangan Produk Rokok di Kota Depok

Lemahnya regulasi yang melarang iklan, promosi dan sponsor rokok di Indonesia, membuat industri rokok dengan mudah dan bebas memasarkan produknya. Sebagai kota dengan 2 juta jiwa penduduk, Kota Depok berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya dengan menerbitkan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR).

 

Siaran Pers Pelarangan Displai / Pemajangan Produk Rokok di Kota Depok

 

Pada awal tahun 2018, No Tobacco Community melakukan survei opini masyarakat Kota Depok mengenai implementasi kebijakan Kawasan Tanpa Rokok, dan pelarangan iklan, promosi dan sponsor rokok. Hasil menunjukkan bahwa:

– 59,2% responden yakin bahwa iklan rokok mendorong anak untuk mulai merokok
– 61,4% responden yakin bahwa iklan rokok mendorong perokok untuk tetap merokok
– 73,4% responden mendukung dan yakin bahwa iklan rokok harus dilarang secara menyeluruh
– 70,5% responden mendukung pelarangan displai penjualan rokok

Displai (pajangan) produk rokok merupakan salah satu bentuk iklan rokok. Perda KTR Kota Depok telah menyebutkan bahwa setiap orang atau badan yang menjual rokok dilarang untuk memajang (mendisplai) penjualan rokok dan cukup menuliskan “Di Sini Tersedia Rokok.” Perda KTR Depok juga melarang adanya iklan, promosi dan sponsor rokok di Kawasan Tanpa Rokok.

Pemerintah Kota Depok juga telah mengeluarkan Surat Edaran Walikota Depok tentang Pelarangan Displai Penjualan Rokok, Mengiklankan dan Mempromosikan Rokok bagi pelaku/pengelola/penanggung jawab usaha se-Kota Depok. Melalui surat edaran tersebut, mereka diminta untuk mematuhi aturan yang tercantum dalam Perda KTR.

 

Siaran Pers Pelarangan Displai / Pemajangan Produk Rokok di Kota Depok

 

“Melalui siaran pers ini diharapkan informasi tersebut dapat sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Jika ada yang belum menerima surat edaran tersebut, dapat mengetahuinya melalui media,” ujar Ketua No Tobacco Community Bambang Priyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *