Kota Bogor Gelar Sidak Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Pertama di 2018

Bogor, 14 – 15 Februari 2018. LSM No Tobacco Community mendampingi Tim Satuan Petugas Kawasan Tanpa Rokok (Satgas KTR) Kota Bogor melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi-lokasi yang ditetapkan sebagai kawasan tanpa rokok. Tim Satgas KTR yang melakukan sidak terdiri dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

 

Kota Bogor Sidak KTR 01

 

Sidak ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Dinkes Bogor pada bulan Oktober – November 2017 lalu. “Dari hasil monitoring dan evaluasi, kami melihat masih banyak yang melanggar Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR),” ujar Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kota Bogor, Erni Yuniarti.

Pada hari Rabu, 14 Februari 2018, Satgas KTR melakukan sidak ke warung-warung di sekitar TK Akbar Jalan Pandu Raya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pariwisata, Kantor Keluarahan Tegalgundil, dan Kantor Kecamatan Bogor Utara.

Kemudian pada hari Kamis, 15 Februari 2018, Satgas KTR melakukan sidak di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Amil Zakat Kota Bogor (BAZNAS Kota Bogor), Kantor Kecamatan Bogor Timur, SDN Bantarkemang 6, SDN Katulampa 3, dan SMP PGRI 15.

 

Kota Bogor Sidak KTR 03

 

“Masih banyak sekali pelanggaran yang ditemukan dalam sidak kali ini. Seperti masih terdapat spanduk-spanduk iklan rokok di warung-warung tradisional, ditemukannya puntung rokok dan asbak di area Kawasan Tanpa Rokok,” sebut Balqis Hafidhah, salah satu tim dari No Tobacco Community yang mengikuti kegiatan sidak.

Dalam sidak yang dilakukan kemarin, Dinkes segera memberikan surat teguran pertama bagi sekolah / kantor yang masih ditemukan pelanggaran. Sedangkan bagi warung-warung yang memajang spanduk iklan rokok, maka satgas segera menggantinya dengan spanduk iklan layanan masyarakat tentang kawasan tanpa rokok.

 

Kota Bogor Sidak KTR 02

 

Selain Perda KTR yang diterbitkan sejak tahun 2009, Kota Bogor juga sudah memiliki Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Reklame yang melarang segala bentuk iklan, promosi dan sponsor rokok. Selain itu Kota Bogor juga sering menggelar sidang tindak pidana ringan (tipiring) bagi pelanggar KTR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *