Kota Banda Aceh Siap Mulai Tipiring KTR

Kamis – Jumat, 23 – 24 Mei 2018, Direktur Eksekutif No Tobacco Community Bambang Priyono berkesempatan untuk menjadi salah satu narasumber dalam agenda “Pelatihan Tindak Pidana Ringan (Tipiring) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh”.

 

Kota Banda Aceh Siap Mulai Tipiring KTR 02

 

Narasumber lainnya yang juga mengisi pelatihan ini ialah Dr. Rohani Budi Prihatin, S.Ag., M.Si. (Peneliti Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI) dan Firmansyah, ST. (Kasi Penindakan Satpol PP Kota Bogor)

 

Kota Banda Aceh Siap Mulai Tipiring KTR 03

 

Agenda yang diselenggarakan di Hermes Palace Hotel ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang nantinya akan mengawal penerapan KTR di Kota Banda Aceh.

Para peserta terdiri dari sukarelawan (warga) bersama aparatur kota, seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan dari Bagian Hukum.

 

Kota Banda Aceh Siap Mulai Tipiring KTR 04

 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penerapan Qanun Nomor 5 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Dilansir oleh Antara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dr. Warqah Helmi mengatakan, para pelanggar KTR dapat dikenakan denda mulai Rp200.000,00 atau kurungan selama 3 hari.

Selain terdapat orang yang merokok, hal yang termasuk ke dalam jenis pelanggaran KTR ialah jika adanya penjualan dan promosi rokok.

 

Kota Banda Aceh Siap Mulai Tipiring KTR 05

 

Para peserta pelatihan tipiring ini nantinya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat agar benar-benar paham dengan Qanun KTR.

Adapun lokasi yang ditetapkan sebagai Kawasan Tanpa Rokok di Kota Banda Aceh ialah perkantoran pemerintahan dan swasta, lokasi kerja yang tertutup, halte dan angkutan umum, tempat pengisian bahan bakar.

Kemudian juga sarana pelayanan kesehatan, sarana pendidikan formal dan informal, arena permainan anak, tempat ibadah, sarana olahraga tertutup, dan tempat umum yang tertutup lainnya.

 

Kota Banda Aceh Siap Mulai Tipiring KTR 01

 

Dilansir oleh Pemerintah Kota Banda Aceh, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin sangat mendukung langkah-langkah penerapan tipiring yang dilakukan Dinas Kesehatan.

“Sosialisasi tidak boleh berhenti. Mereka yang masih belum berhenti merokok harus terus kita ingatkan bahwa merokok sangat buruk untuk kesehatan dirinya dan orang disekitarnya,” ujar Zainal Arifin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *