Aksi Simpatik Warnai Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Kota Bogor

Gadis itu masuk ke dalam gedung DPRD Kota Bogor dengan penuh percaya diri. Bersama teman-temannya, ia berbincang dengan para ASN di sana mengenai Kawasan Tanpa Rokok dan bahaya rokok.

 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 09

 

Ia adalah salah satu Duta Muda Sehat. Syifa Puspita namanya. Bersama dengan Saka Bakti Husada dan No Tobacco Community, mereka bersama Dinas Kesehatan menggelar Aksi Simpatik Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS), 31 Mei 2018.

 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 08

 

Aksi Simpatik HTTS dilaksanakan di 10 titik. Pada pagi hari, teman-teman berpencar ke 6 Kantor Kecamatan, Gedung DPRD dan Balaikota Bogor. Di siang hari, mereka membagi tim menuju Bogor Trade Mall dan Plaza Jambu Dua.

 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 01

 

Sie Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Erny Yuniarti menyatakan, lokasi aksi tersebut dipilih karena tingkat kepatuhan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)-nya masih rendah. “Lokasi yang tingkat kepatuhan KTR-nya masih rendah yaitu tempat kerja pemerintah dan beberapa tempat tertentu,” ujarnya saat pengarahan.

 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 03

 

Menurut pemantauan No Tobacco Community per Maret 2015, diketahui bahwa rata-rata tingkat kepatuhan pengelola gedung terhadap KTR di Kota Bogor mencapai 87,0%.

 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 04

 

Aksi simpatik yang dilakukan oleh teman-teman ialah dengan membagikan leaflet ajakan berhenti merokok dan sosialisasi KTR kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2018 yaitu Tobacco Breaks Hearts yang kemudian diterjemahkan di Indonesia menjadi Rokok Bikin Sakit Hati.

 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 05

 

dr. Erna Nuraena, Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dinas Kesehatan menjelaskan bahwa tema nasional tersebut dipilih dengan pertimbangan berbagai aspek. “Sakit hati secara fisik yaitu penyakit jantung dan cardiovascular lainnya. Kemudian juga sakit hati secara psikis, sakit hati secara ekonomi dan sakit hati secara sosial,” ujarnya di Kantor Dinas Kesehatan.

 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 02

 

Dalam kesempatan tersebut, teman-teman juga berdialog dengan para Kepala Camat, ASN, pegawai, pengunjung dan manajemen mal. Bahkan secara terbuka manajemen Bogor Trade Mall (BTM) mengharapkan lebih sering diselenggarakannya inspeksi mendadak (sidak) oleh satgas KTR.

 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 07

 

dr. Erna Nuraena pun menanggapinya dengan menegaskan kepada pihak manajemen untuk lebih mengoptimalkan juga satgas internalnya. “Manajemen harus lebih memperbanyak penanda Kawasan Tanpa Rokok di mall,” tegas dr. Erna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *